Berita

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, SH memberi perhatian serius pada penyelenggaraan Proses Adat Picundupia yang dilaksanakan di Pantai Wajo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Untuk itu beliau meminta langsung kepada jajaranya untuk menata dan membenahi pantai sebagai pusat pelaksanaan ritual masyarakat Pasarwajo tersebut.

Hal ini bermaksud menegaskan bahwa prosesi adat dan budaya yang dilaksanakan masyarakat harus dipelihara oleh generasi penerus. Kegiatan ritual ini hanya ada di Pasarwajo, tidak ada di tempat lain, kata Ali Mazi, SH pada acara adat Picundupia di Pasarwajo tanggal 1 Desember 2019 yang lalu.
Gubernur Sultra juga meminta agar proses adat tersebut ke depan bisa benar-benar terlihat sakral. Kegiatan ini perlu kita rawat atau peliharabahkan tingkatkan. Kita perlu membuat sesuatu agar betul-betul ini bisa menjadi budaya.

Ali Mazi berharap agar kegiatan ritual seperti ini terus dipertahankan atau dikembangkan sehingga menjadi potensi wisata. Sebab ini merupakan salah satu icon yang ditinggalkan oleh leluhur sebelumnya, yang benar-benar harus dilestarikan.

Turut hadir mendampingi Gubernur Sultra, Sekda Kabupaten Buton Bpk. La Ode Zilfar Djafar; Kapolres Buton AKBP. Agung Ramos P. Sinaga, M.Si; dan Danramil 1413-02 Pasarwajo Kapten Bahari;

"Kegiatan ini harus kita kembangkan terus agar bisa mejadi potensi yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan kedepan nanti ini sudah menjadi kegiatan aikon dari pada pemerintah kabupaten Buton," tutupnya. (kominfocrew)

Berita Terbaru